Label

Senin, 13 Februari 2012

freemason dan the knight templar

kali ini saya akan berbagi pengetahuan sedikit tentang freemason dan knight templar yang bersumber dari salah satu buku yang saya baca dengan sedikit perubahan dari saya sendiri.


Freemason sebagai organisasi rahasia, agama, sekaligus ideology, tidak dapat di pisahkan dari the knight templar(ksatria templar). Ksatria templar adalah legion pasukan perang, intelejen, pengawal kepercayaan raja yang ikut serta secara aktif menjadi pasukan perang salib (the crusader), terutama mendampingi panglima aliansi kerajaan Kristen eropa melawan para mujahidin salahhuddin yang legendaries itu.
Para ksatria ini sangat disiplin-seperti tentara khusus. Mereka mencukur rambutnya, tapi membiarkan jenggotnya tumbuh subur. Mereka si sumpah untuk menegakkan prinsip-prinsip ksatria, patuh, dan bertujuan untuk raja dan gereja.
“ksatria templar telah di sumpah untuk hidup sederhana, kesucian, dan pengabdian. Mereka di wajibkan untuk mencukur seluruh rambutnya dan membiarkan jenggotnya tumbuh subur yang membedakannya dari kebanyakn kaum laki-laki pada saat itu, yang justru menampilkan wajahnya yang kelimis.”
(the knight templars were sworn to poverty , chastity, and obedience. They were abliged to cut their hair but forbidden to cut their beards, thus distinguishing them self in an age when most men were clean shaven-Michael Baigent hlm.63)
Setelah perang salib berakhir, para ksatria templar kembali ke eropa dan menjadi rentenir, bahkan memegang kunci keuangan kerajaan. Pengalaman pengelolalaan keuangan tersebut di perolehnya, selama mereka ikut bertempur membantu dan mendampingi raja Richard si hati singa melawan para mujahidin islam. Pada saat itu, mereka menyaksikan kemajuan manajemen keuangan serta perkembangan ilmu pengetahuan umat islam. Belajar dari umat islam tersebut, para ksatria templar menjadikan kota paris sebagai pusat lalu lintas keuangan. Mereka pun di kenal sebagai ahli dalam bidang penukaran uang( money changer) sebagai cikal-bakal dunia perbankan- mereka mendirikan usury sebuah system simpan-pinjam uang dengan bunga tinggi atau riba’iyah; mungkin dari sini pula munculnya istilah treasury. Bahkan, alat tukar berupa cek (cheque), sebagaimana kita kenal dewasa ini berasal dari penemuan umat islam yang di kembangkan mereka.
“para templar di kenal sebagai ahli bidang penukaran uang dan pencetus perbankan, dan menjadikan kota paris sebagai pusat lalu lintas keuangan eropa. Ini kemungkinan munculnya cek, yang di gunakan hingga saat ini, yang di temukan oleh pemerintah (islam).”
(the templar thus became the primary money-changer of the age, and the paris preceptor became the centre of European finance. It is even probably that the cheque, as and use it today, was invented by the order- Michael Baigent, hlm.67.)
Karena kepiawaian mereka dalam mengelola keuangan dan perbankan tersebut, kesejahteraan, serta kehidupan mereka semakin meningkat, bahkan mampu menguasai beberapa sector penting kerajaan karena kekuatan financial mereka. Hal ini menyebabkan kecemburuan raja dan paus yang melihat jaringan kekuasaan para ksatria (veteran) perang salib di anggapnya dapat mengancam wibawa raja dan gereja.
Paus dan raja mulai merasa terganggu serta di carikannya dalih bahwa kegiatan para templar itu sebagai ”rentenir” yang membahayakan rakyat. Lintah darat yang harus di basmi. Akibatnya, para lksatria templar membuat semacam pertemuan rahasia yang di sebut dengan ‘lodge’(cabang dari freemason atau tempat pertemuan rahasia) untuk merencanakan tindakannya menghadapi ancaman gereja dan raja tersebut. Di satu sisi, pertemuan rahasia ini menjadi alasan bagi raja Philip untuk menangkap para ksatria templar tersebut, apalagi saat itu Philip sedang dalam kesulitan keuangan yang merasa di batasi oleh gerakan rahasia templar. Tanggal 13 oktober 1307, seluruh veteran tentara salib yang di sebut ksatria templar tersebut berhasil di tangkap, di siksa, dan di bakar di lapangan kerajaan. Dan pada tanggal 19 maret 1314, pimpinan tertinggi-grand master-ksatria templar, yaitu Jacques de moly di tangkap dan di bakar di hadapan rakyat. Pada saat de molay akan di bakar, ia mengutuk raja Philip dan paus-pada waktu itu paus Clement- bahwa keduanya akan mati mengikuti dirinya pada tahun yang sama. Ternyata, kutukan de molay menjadi kenyataan. Clement mati sebulan setelah pembakaran hidup-hidup de molay, sedangkan Philp IV mati enam bulan setelah peristiwa pembakaran itu. karena kutukan tersebut terbukti, Jacques de molay di anggap sebagai pahlawan agung yang penuh dengan misteri di kalangan freemason. Tata cara ritual, disiplin, serta kerahasiaan para ksatria templar menjadi aspirasi para anggota freemason modern saat ini.
Sejak itu, para ksatria melakuakan gerakan sangat rahasia dan berlangsung secara turun-temurun, mewariskan semangat “tradisi kepahlawanan” dengan berbagai cara ritual, tangguh, dan berdisiplin, sebagaimana layaknya jiwa seorang ksatria.
“para sejarawan merasa yakin bahwa inilah pangkal muasal bersirinya dan berkembangannya gerakan freemason, terutama freemason Scottish rite yang didirikan oleh Charles redclyffe pada tahun 1725 dan berpusat di paris.”
(it is probalble that “Scottish rite” freemason waqs originally promulgated, if not indeed devised, by Charles redclyffe. In any case redclyffe, in 1725, is said to have founded the first Masonic lodge on the continent in paris-Baigent,hlm.140.)
Dengan demikian, tampaklah dengan sangat jelas bahwa gerakan freemason merupakan gerakan rahasia yang lahir dari sejarah perjuangan melawan semua agama. Walaupun pada awalnya membantu prajurit Kristen untuk melawan para mujahidin islam di bawah pimpinan salahuddin al ayyubi, ternyata dalam perkembangannya justru berbalik melawan dominasi kerajaan dan gereja roma katolik yang di anggapnya sebagai tirani. Hal ini terjadi sejak kekuasaan gereja merasa di saingi oleh perkembangan the knight templar yang mampu menguasai seluruh aspek keuangan melalui pendirian lembaga usury, lembaga yang meminjamkan uang dengan system bunga.
Agama the knight templar
Para sejarawan masih memperdebatkan agama the knight templar tersebut. Walaupun mereka ikut berjuang membela kepentingan Kristen bersama-sama dengan raja Richard si hati singa, tetapi agama atau lebih tepatnya kepercayaan mereka masih di ragukan. Terlrbih di peroleh catatan tentang pengakuan seorang ksatria yang berkata,
“kalian telah mempercayai yang salah, sebab dia (kristus) hanyalah nabi palsu. Berimanlah hanya kepada tuhan di surge dan bukan kepada dia (kristus). Jangan beriman kepada seorang yang bernama yesus, yang di salib orang yahudi di outremer-tanah yang menghadap kelaut atau yerusalem. Dia bukan tuhan dan tidak akan menyelamatkan kamu.
(you believe wrongly, because he (Christ) is indeed a false prophet. Believe only in god in heaven, and not in him. Do not believe that the man jesus whom the jews crucified in outremer is god and that he can save you-Baigent,hlm.83.)
Sikap yang bermusuhan dari kerajaan dan gereja Kristen kepada ksatria templar, bahkan sejak de molay di bakar hidup-hidup, pihak ksatria semakin menampakkan wujud aslinya yang anti-agama, utamanya agama Kristen-mereka semakin anti kristen.
Para ksatria templar tersebut beragama secara mistik, bahkan menyembah setan yang mereka anggap merupakan dewa penolong dan yang akan melahirkan kekuatan serta kemakmuran.pokoknya mereka memutarbalikkan segala ajaran serta norma-norma yang berlaku, serta menafsirkan alkitab menurut semangat msitik (occultisme).
Salah satu dewa mereka di sebut ‘baphomet’ (yang hampir sudah tidak asing lagi bagi kita) yang penampakkan atau gambarannya di hubungkan dengan dongeng serta pengaruh dari kitab perjanjian baru kitab wahyu 12-13, di mana akan datang binatang dengan tanda-tanda tertentu yang akan membebaskan manusia dari segala tirani dan dogma agama. Dalam perkembangannya, freemason menjadikan simbol-simbol setan sebagai bagian dari ritus mereka.
Banyak orang menafsirkan baphomet sebagai pengaruh dari perang salib. Di mana para ksatria templar merasa kagum dengan ajaran nabi muhamad, kemudian menjadikan nama Muhammad sebagai nama dari sesembahan mereka. Sehingga kata baphomet merupakan nama yang terinspirasi dari mohamet atau abufihamet yang artinya ‘bapak kebijaksanaan’. Mereka merasa yakin dengan alas an tersebut, di karenakan nama baphomet baru di kenal setelah perang salib.
Pernyataan para sejarwan tersebut patut di ragukan mengingat nama baphomet sudah lama di kenal; dalam bahasa yunani berarti ‘kebijaksanaan’. Pengertian baphomet yang di hubungkan berasal dari mohamet atau abufihamet merupakan cara berfikir yang melecehkan kesucian nabi Muhammad SAW., sebuah rencana dan konspirasi orang-orang yang mengdiskreditkan kesucian rasullah.
Alasan menghubungkan baphomet dengan mohamet tidak dapat di buktikan secara ilmiah historis. Penafsiaran spekulatif di hubungkan pula dengan raasa benci, dendam, tetapi juga kagum terhadap kaum muslimi di bawah pimpinan salahuddin al ayyubi(saladin) yang menunjukkan sikap ksatria,tangguh dan tidak terkalahkan, sehingga mereka menyangka bahwa nabi Muhammad adalah dewa kekuatan yang di sembah oleh umat islam. Tentara templar itu melihat para tentara islam di bawah salahuddin yang membawa panji dan bendera yang berlambangkan bulan bintang, kemudian menyangka bahwa panji-panji itu, beserta nabi Muhammad merupakan dewa kemenangan umat islam. Kemudian setelah kembali ke tanah air mereka, di buatlah rekayasa sesembahan mereka yang baru dengan menciptakan gambaran bapak dewa Muhammad yang di sebut “abu Muhammad”, atau “abufihamet” yang kemudian menjadi baphomet. Lambang baphomet menunjukkan anti islam dengan cara membelah bulan, di sebelah kiri atasdi buatkan gambar bulan yang benderang sedangkan di sebelah kanan bawah adlah lambing bulan yang gelap, seakan-akan sebuah symbol untuk menghancurkan “bulan bintang” sebagai lambang islam, yang semula benderang di antara bintang-bintang untuk di hancurkan sehingga tidak lagi berbianar dan jatuh ke bumi.
Sudah jelas di dalam nuansa batin para templar terdapat rasa benci, dendam, dan kagum yang bercampur baur akibat kekesalan mereka melihat kenyataan kekalahannya oleh umat islam yang sederhana dan berasal dari gurun pasir, yang mereka anggap tidak mempunyai pengetahuan berperang, serta primitive. Akan tetapi, kenyataannya mereka sangat tangguh, bahkan mempunyai system administrasi yang jauh lebih maju dari yang mereka perkirakan, termasuk system pengelolaan anggaran dan keuangan yang mereka tiru dalam bentuk perbankan (usury).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar