Label

Jumat, 20 Januari 2012

Tasamuh

 


Maksud dari tasamuh atau toleransi adalah bersikap menerima dan damai terhadap keadaan yang di hadapi, misalnya toleransi dalam agama, maksudnya antar agama saling menghormati hak dan kewajiban masing-masing, tidak saling mengganggu.

Penerapan toleransi atau tasamuh antara lain :
1.       Toleransi terhadap sesama muslim
toleransi terhadap sesama muslim merupaka suatu kewajiban, karena di samping sebagai tuntutan social juga merupakan wujud persaudaraan yang terikat oleh tali aqidah yang sama. Sabda rasulullah saw : “tidak sempurna iman di antara kamu, sehingga mencintai saudaranya sebagaimana mencintai dirinya sendiri”.(HR. bukhari dan muslim)
agama islam memberikan tuntunan kepada para pemeluknya untuk hidup rukun dan menjalankan kehidupan masyarakat yang baik.  Hal tersebut di dasarkan bahwa sesama muslim merupakan sebuah kesatuan yang utuh sehingga di harapkan dapat saling menjaga aqidah keislaman dengan kuat, bahu membahu dalam kehidupannya serta tidak saling terpecah belah satu sama lain.
Apabila umat islam dapat mengembangkan sikap toleransi dalam kehidupannya, maka kehidupan masyarun, damai, dan harmonis. Dengan kuatnya umat islam memegang akidah keislaman, umat islam akan dapat bersatu dan menjadi pengayom bagi umat beragama lainnya seperti pada zamannya rasulullah saw.
2.       Toleransi terhadap nonmuslim
Manusia di samping sebagai makhluk individu juga sebagai makhluk social, artinya di samping memiliki kehidupan pribadi juga memiliki kehidupan yang terkait dengan kepentingan orang lain, yaitu bermasyarakat. Setiap manusia memilki hak asasi yang paling mendasar dan tidak dapat di paksakan, yaitu hak memilih dan meyakini agama dan hal ini mendapatkan perlindungan dari Negara dan dunia internasiona. Di dalam islam mengajarkan tentang hak tersebut dan mengajarkan tentang bagaimana bersikap terhadap orang-orang yang memiliki keyakinan di luar islam yaitu sikap tasamuh atau toleransi terhada agama lain. Sikap toleransi/tasamuh sangat penting di terapkan dalam kehidupan berbangsa, bermasyarakat dan beragama. Apabila tidak ada sikap toleransi dan saling menghargai antara pemeluk satu dan pemeluk yang lain , maka terjadilah perpecahan, pertengkaran, dan permusuhan, dan yang paling menakutkan adalah pertumpahan darah.
Toleransi untuk menghargai dan menghormati peribadahan pemeluk agama lain itu bukan berarti mengikuti ajaran mereka. Akan tetapi, bentuk penghargaannya adalah memberikan kesempatan orang lain beribadah dan tidak mengikuti ibadahnya sehingga tercipta hubungan yang baik.
Islam memberikan landasan kepada setiap orang untuk melakukan ibadah sesuai dengan keyakinan yang di anutnya, hal ini di dasarkan firman allah swt :
“bagimu agamamu dan bagiku agamaku”. (QS. Al kafirun ayat 6)
Yang di kembangkan dalam toleransi adalah kebersamaan dalam membangun sebuah masyarakt yang damai, tenang dan aman, sehingga dapat memberikan dampak positif dalam kemajuan masyarakat luas.
Membiasakan perilaku tasamuh dalam kehidupan sehari hari
Sikap tasamuh perlu di kembangkan pada diri setiap muslim. Hal ini di sebabkan tidak sedikit orang menjadi sengsara karena banyak orang yang bersikap egois dan maunya menang sendiri, tidak peduli terhadap kepentingan orang lain.
Cara membiasakan diri bersikap tasamuh dalam kehidupan sehari-hari antara lain :
1.       Menghargai kepada sesama ciptaan allah
2.       Mempererat tali persaudaraan
3.       Tenggang rasa dan suka menolong kepada orang lain.
4.       Menciptakan kehidupan masyarakat yang aman dan damai
5.       Menciptakan kehidupan keberagamaan yang baik.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar